Now playing

Rate this item
(0 votes)

Puluhan Desa di Ngawi Masih Terancam Kekeringan

By Published September 05, 2019

 

NGAWI - Musibah kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Ngawi kian meluas. Hingga saat ini sudah ada 45 Desa yang mengadu sekaligus mengajukan bantuan air bersih di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi.

Kepala seksi kedaruratan BPBD, Alfian Wihaji Yudono menyebutkan, 45 desa tersebut tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Ngawi. Paling banyak Desa yang terdampak kekeringan yakni berada di Kecamatan Karangayar, Ngawi.

"Ada 45 Desa terdampak kekeringan yang sudah mengajukan dropping air bersih. Namun titik penyaluran air bersihnya, ada sebanyak 22 titik yang bisa di akomodir. Sebab ada beberapa Desa yang sampai beberapa titik kita menyalurkan air, karena kondisinya memang parah," Jelas Alfian, Kamis (05/09/2019).

"Yang paling banyak desa terdampak adalah Kecamatan Karangayar, yakni 7 Desa yang terdampak kekeringan. Tidak hanya itu saja di Kecamatan Bringin ada 10 desa dan kecamatan Widodaren. Desa tersebut kondisinya juga memprihatinkan, kita dropping masing-masing satu tangki hari ini," Jelasnya.

Guna mengantisipasi kekeringan BPBD Ngawi sudah mendistribusikan air bersih di beberapa desa di Kabupaten Ngawi. Sejauh ini telah menyalurkan bantuan 160 tangki air bersih kepada desas-desa. Ditambah rencana penyaluran yang sudah terjadwal sejak bulan Juli hingga sekarang.(Ard)

Read 37 times