Print this page
Rate this item
(0 votes)

Puting Beliung Terjang 8 Kecamatan di Ngawi

By Published November 15, 2019

NGAWI - Angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Ngawi, dalam sebelum terakhir ini, mengakibatkan beberapa rumah warga roboh rata dengan tanah, dan tidak sedikit rumah warga alami kerusakan ringan hingga berat. Terdata oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi,8 kecamatan terdampak bencana angin puting beling terdiri dari Karangjati, Bringin, Padas, Kasreman, Pangkur, Sine Paron dan Karangayar.
Diungkapkan oleh Alfian Wihaji Yudono selaku Kasi Kedaruratan BPBD Pemkab Ngawi menjelaskan angin kencang rawan terjadi seiring memasuki musim pancaroba sepertihalnya saat sekarang, peralihan musim dari kemarau ke penghujan ini menunjukkan eksistensi terbentuknya puting beliung.
“ Kami berharap kepada warga Ngawi untuk selalu waspada, terlebih lagi pada musim pancaroba sepertihalnya saat ini rentan terjadinya angin puting beliung” Ungkapnya.
Dalam sebulan terakhir ini , sudah capai ratusan rumah rusak dan belasan rumah warga roboh rata dengan tanah.
Data BPBD setempat mencatat, sejauh ini angin kencang dengan skala besar, baru terjadi di wilayah Kecamatan Karangayar Desa Pandean. Bencana itu terlihat terjadi di Dusun Ngelgok dan Desa pandean, beberapa hari lalu.

Sebanyak 3 rumah dilaporkan roboh, dan puluhan rumah pada bagian terasnya rusak akibat hempasan angin kencang di daerah itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 50 juta lebih.
“ Sebaran bencana angin puting beliung di Ngawi memang terjadi tidak memusat atau sebaliknya berpencar-pencar namun demikian mengakibatkan rumah warga banyak yang rusak “ tambahnya.
Mendasar hal tersebut pihaknya terus menghimbau kepada warga Ngawi untuk mewaspadai daerah sekitarnya dan mengurangi dahan ataupun ranting.

Sementara, berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), selama Oktober-Novembe

Read 55 times