Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
“Rumah Muda Kreatif”, Inovasi Mahasiswa UNS untuk Desa Gelung Ngawi di Masa Pandemi

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Kebersamaan mahasiswa UNS Solo bersama anak-anak warga Desa Gelung Paron Ngawi Kebersamaan mahasiswa UNS Solo bersama anak-anak warga Desa Gelung Paron Ngawi

“Rumah Muda Kreatif”, Inovasi Mahasiswa UNS untuk Desa Gelung Ngawi di Masa Pandemi

By Published September 01, 2021

BAHANAFM,NGAWI-Rabu, (01/09/2021) Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema KKN Tematik UNS Membangun Desa periode Agustus 2021 melakukan sejumlah program kerja kepada masyarakat Desa Gelung, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Kelompok 70  beranggotakan 9 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di UNS namun berdomisili di Kabupaten yang sama yaitu Kabupaten Ngawi. KKN UNS kali ini dilaksakanan dengan metode semi luring dikarenakan masih terjadi pandemi di Indonesia. KKN dilaksanakan mulai tanggal 3-31 Agustus 2021.

“KKN dimulai pada tanggal 3 Agustus, dimulai dengan survey lapangan bersama tim dan berakhir pada tanggal 31 Agustus dengan pelaksanaan program kerja metode semi luring. Kami kelompok 70 beranggotakan 9 orang yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Ngawi.”, jelas Abdul Azis sebagai ketua kelompok 70. (31/08/2021)

Kelompok 70 mengusung program kerja pembentukan komunitas “Rumah Muda Kreatif” untuk memberdayakan masyarakat Desa gelung sendiri, dengan program kerja utama berupa komunitas belajar, rebranding UMKM, dan pembagian tempat cuci tangan serta masker di pasar Gelung. Serta memiliki program kerja penunjang antara lain gerakan menanam sayur di pekarangan, sosialisasi bahaya pernikahan dini, sosialisasi olahraga ringan di rumah, edukasi protokol kesehatan dengan bahasa Jawa kepada anak-anak, dan pembenahan sarana prasarana olahraga.

“Program kerja kami laksanakan secara bertahap setiap minggunya. Rumah Muda Kreatif  sebagai wadah bagi semua kalangan yang ada di Desa Gelung, diantaranya ada komunitas anak-anak, remaja, dan ibu-ibu/ bapak-bapak. Ada kegiatan yang kami lakukan secara daring dan ada yang secara luring. Ketika kegiatan luring kami tetap melaksanakannya dengan protokol kesehatan yang ketat.” Tambah Abdul Azis.

Menurut anggota kelompok 70 sekaligus mahasiswa yang berdomisili di Desa Gelung, Nazula Afiatus Sofa (31/08/2021), adanya kegiatan KKN dari mahasiswa UNS ini disambut baik oleh masyarakat Desa Gelung. Karena di masa pandemi seperti sekarang masyarakat butuh adanya kegiatan yang menarik dan mengedukasi masyarakat.

“Masyarakat Desa Gelung sangat antusias dengan kedatangan kami. Bisa dibuktikan dengan mereka selalu hadir dalam setiap kegiatan yang kami laksanakan.” Terang Nazula.

Mahasiswa berharap dengan adanya kegiatan KKN tematik UNS membangun desa ini masyarakat Gelung menjadi lebih unggul dan produktif meskipun di masa pandemi.

“Semoga apa yang kami laksanakan bisa menjadi manfaat bagi warga Ngawi khususnya di Desa Gelung ini.” Pungkas Abdul.

Read 132 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries