Now playing

Rate this item
(0 votes)

SILPA Naik, Dewan Minta Pemkab Ngawi Efisien dan Baik Serap Anggaran

By Published June 21, 2019

NGAWI-Setelah menggelar rapat paripurna laporan pertanggungjawaban( LPP) Bupati Rancangan Perubahan APBD 2018. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi diminta terus meningkatkan efisiensi belanja barang non-kegiatan, serta tidak terjebak pada rutinitas dalam memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tiap tahunnya.

Permintaan itu disampaikan Ketua DPRD Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko. Menurutnya, efisiensi belanja barang non-kegiatan harus diiringi dengan peningkatan belanja modal. Hal ini juga mendasar dari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) yang meningkat di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Menjadi tujuan utama pemkab mampu menyerap anggaran dan dimanfaatkan hal-hal yang positif seepertihalnya akselerasi infrastruktur jembataan atau jalan desa," jelas Dwi Riyanto Jatmiko, Jum’at (21/6/2019).

Pemda juga diimbau agar bisa menyerap anggaran dengan baik agar tidak ada Sisa Lebih Penggunaan Anggaran yang tinggi di akhir tahun. Menurut Antok, demikian panggilan akrabnya menyebutkan SILPA untuk kabupaten Ngawi mencapai 232 Milyar lebih.

"Ini SILPA yang sampai alami peningkatan. Cukup menunjukan bahwa perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program tidak berjalan dengan baik. Ini tolong dicermati," Tambahnya.

Untuk mengurangi angka SILPA tersebut, legislator dari PDI Perjuangan menegaskan karena pendapatan pajak migas yang dirasa lunak atau variabel cost guna pengeluarannya. SILPA agar kiranya dimanfaatkan pemkab untuk peningkatan pembangunan infrastrutur yang terarah guna kemajuan Ngawi. (*)

Read 67 times