Now playing

Rate this item
(0 votes)
Petugas tengah memindahkan surat suara dari percetakan ke gudang Petugas tengah memindahkan surat suara dari percetakan ke gudang

Surat Suara Pilkada Ngawi, Siap Dilipat dan Disortir

By Published November 20, 2020

BAHANAFM,NGAWI - Logistik untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi sudah mulai datang bahkan hampir selesai. Kotak suara dan surat suara sudah dikirim dari percetakan diterima pada hari ini dan siap untuk dilipat, sedangkan  perlengkapan  alat kesehatan (alkes) pencegahan covid-19 belum datang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi sudah hampir semua logistik diterima. Surat suara juga diterima KPU Ngawi akhir pekan ini dari percetakan di Surabaya. Dalam  pengiriman  surat suara  sendiri di kawal ketat  oleh  kepolisian, Bawaslu dan KPU Ngawi.

Surat suara yang datang sebanyak  jumlah DPT 686.775 plus 2,5% ditambah 2000 cadangan surat suara untuk pemungutan suara.   penambahan surat suara cadangan bila terjadi kekurangan atau kerusakan surat suara saat dilakukan pelipatan dan penyortiran. 

 “lebih dari 700 ribu surat suara yang di terima hari ini dan penyortiran akan dilakukan senin depan,” jelas Ketua KPU Prima Aquina Sulistyani. Jumat (20/11/2020)

Ditambahkannya untuk  logistik Pilkada Ngawi sudah datang , tinggal beberapa  yang belum dan ada  beberapa  yang saat ini  dalam  perjalanan pengiriman ke  KPU yakni APD untuk petugas di TPS yang pos anggaran itu dari pusat.  Pengesetan kotak dan sortir surat suara akan dilakukan di kantor KPU Ngawi dengan melibatkan puluhan tenaga yang dijadwalkan dalam 2 hari akan selesai, sesuai dengan pengelompokan perdesa dalam kecamatan.

“Untuk  kotak suara dan surat suara akan dilakukan pengesetan dan  pengelompokan per-desa dan kecamatan agar mudah saat dikirim ke masing-masing TPS ,” Tambahnya.

Pihaknya optimis sebelum tanggal 4 dan 5 Desember mendatang alkes APD untuk tenaga PPS sudah datang dan selesai pengepakan perdesa, sehingga sesuai dijadwakan pada tanggal tersebut mulai pendistribusian.  

”Sehari sebelum hari H akan selesai semuanya, sehingga sudah pendistribusian ke tingkat TPS,” Tegasnya. (ard) 

Read 70 times