Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Tek Tur Menjadi Tradisi Membangunkan Warga Jelang Sahur di Ngawi

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Keseruan pemuda Ngawi membangunkan warga menjelang sahur (foto: Istimewa) Keseruan pemuda Ngawi membangunkan warga menjelang sahur (foto: Istimewa)

Tek Tur Menjadi Tradisi Membangunkan Warga Jelang Sahur di Ngawi

By Published April 17, 2021

BAHANAFM,NGAWI -  Memukul benda dengan mengeluarkan bunyi sekeras-kerasnya, menjelang sahur dibulan ramadan ini menjadi tradisi para pemuda untuk membangunkan warga Ngawi.  Perkusi dari galon, jirigen, bambu, dan  potongan seng, dipergunakan  pemuda di kelurahan Ketanggi, Ngawi kota.

Melantunkan lagu dengan diiringi perkusi  musik, mereka keliling desa untuk membangunkan warga makan sahur.

“Kentongan bambu atau thethek (tek-tek) masih menjadi tradisi di bulan Ramadan untuk membangunkan warga makan sahur,” Ungkap Romy, warga Kelurahan Ketanggi, Kecamatan Ngawi, Sabtu (17/04/2021).

Karena sudah menjadi tradisi tanpa harus menghubungi, mereka sudah berkumpul di basecamp, dekat masjid di Dusun Sidomakmur tersebut.

"Tidak perlu ditelpon, kami sebelum sahur berkumpul dengan sendirinya,” tambahnya.

Ibarat makan tanpa sambel atau krupuk tidaklah lengkap, samahalnya dengan apa yang dilakukan oleh kumpulan pemuda membangunkan warga menggunakan tektur. Rosyda salah satu ibu rumah tangga, warga yang menjadi rute di lewati kumpulan pemuda tersebut. Mengaku senang dengan apa yang dilakukan mereka, karena tidak mengganggu dan membuatnya terjaga untuk menyiapkan hidangan sahur.  

"Saya sangat senang, dan bisa bangun lebih awal," ujarnya. (ard)

Read 170 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries