Now playing

Rate this item
(0 votes)
Aman Ridho Hidayat Komisioner KPU Ngawi Aman Ridho Hidayat Komisioner KPU Ngawi

Terima Surat Balasan MK, KPU Ngawi Jadwalkan Penetapan Calon Terpilih

By Published January 27, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngawi, mulai mempersiapkan rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020. Dijadwalkan pada sabtu 23 Januari mendatang di salah satu convertion hall di Ngawi.

"Rapat pleno penetapan calon terpilih akan dilaksanakan setelah KPU pasca menerima pengumuman penetapan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK)," Ungkap Aman Ridho Hidayat Komisioner KPU Ngawi. Kamis (21/01/2021)
Ridho demikian panggilan akrab salah satu komisioner KPU Ngawi devisi logistic menambahkan tertanggal 20 januari kemarin surat dari MK diterima, berdasarkan hal tersebut 5 hari kemudian wajib melakukan penetapan kepada calon terpilih.Dikuatkan dari surat tersebut menjelaskan tidak ada gugatan terhadap hasil pemilihan kabupaten Ngawi.
“ Hal ini sesuai dengan regulasi PKPU no 5, usai MK menyurati KPU RI tertanggal 19 januari kemudian di teruskan ke KPU diterima tanggal 20 januari kemarin. Berdasarkan surat MK penetapan bisa dilanjutkan bila pelaksanaan pilkada tidak ada masalah atau gugatan,” Tambah Ridho.

Pihaknya menegaskan mengingat kegiatan pleno dilaksanakan dalam masa pembatasan kegiatan masyarakat (PKM), maka untuk peserta pleno penetapan calon terpilih terbatas yakni dengan mengundang pasangan calon, pimpinan partai pengusul serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ngawi.

“ Dikarenakan Ngawi termasuk kabupaten yang melaksanakan PPKM, maka untuk undangan hanya di batasi orang-orang tertentu saja guna menjaga protocol kesehatan,” Tegas Ridho.
Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil suara Pilkada 2020, pasangan Ony-Riyanto meraup 471.082 suara. atau 94,42 persen, sementara kotak kosong memperoleh 27.831 suara atau 5,58 persen dari 77,33 persen dari total 686.775 pemilih dari total daftar pemilih tetap (DPT), menggunakan haknya di Pilkada Ngawi 2020. (ARD)

Read 21 times