Now playing

Rate this item
(0 votes)

Tidak Pernah Ikut Upacara Bendera, Napiter Titipan Lapas IIB Ngawi Hari Ini Bebas

By Published February 19, 2020

 

NGAWI - Hari Rabu (19/02/2020) menjadi hari yang spesial untuk salah satu narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ngawi, pasalnya Setiawan Hadi Putra (36) narapidana teroris bisa menghirup udara diluar jeruji karena dinyatakan bebas murni.

Diungkapkan oleh Pelaksana Harian Kepala Lapas Kelas II B Ngawi, Darianto menjelaskan, Setiawan Hadi Putra bebas setelah menjalani hukuman selama 2 tahun 8 bulan di Lapas Kelas II B Ngawi. Selama menjalani hukuman pidana penjara, Setiawan koperatif dengan sesama narapidana dan juga petugas yang menjadi pembinanya.

" Setiawan sendiri tidak ada catatan yang menonjol dan bersikap koperatif selama menjalani hukuman pidana penjara," Ungkap Pelaksana Harian Lapas IIB Ngawi.

Setiawan Hadi Putra sebelum dipindahkan ke Lapas IIB Ngawi sejak 11 Juli 2017. Bapak dengan 2 orang anak warga asal Nusa Tenggara Barat telah menjalani pidana penjara di Rutan Klas 1 Jakarta Pusat Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada 19 Februari 2016. Setiawan menjalani hukuman pidana penjara setelah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur tertanggal 13 Desember 2016.

" Sebelum dilayar ke Lapas IIB Ngawi, Setiawan sebelumnya menjalani pidana penjara di Mako Brimob Jakarta," Tambahnya

Disayangkan oleh Irphan, selama menjalani masa hukumanya di Lapas Ngawi Setiawan koorperatif dengan warga binaan dan petugas dan tidak ada catatan menonjol seperti halnya membuat kerusuhan dan berkelahi dengan teman sekamar. Namun acapkali Lapas melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan penanaman nasionalisme yakni upacara bendera Setiawan Hadi hampir tidak pernah menjadi peserta upacara.

“Cukup disayangkan walaupun kami berusaha memberikan pengertian kepadanya tetap kukuh dengan pedoman dan prinsipnya,” Jelas Irphan Dwi Sanjodjo selaku kepala bidang Humas Lapas Kelas II B Ngawi.

Irphan menjelaskan untuk kalancaran dan keamanan napiter menuju Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima Nusa Tenggara Barat sebagai tempat tinggal Setiawan, pihak Lapas klas II B bekerjasama dengan petugas berwajib dalam hal ini Polres dan TNI AD untuk membawa secara bertahap sampai di tujuan.

“Untuk pengawalan Setiawan kami mempercayakan kepada pihak berwajib, hingga bandara internasional Juanda Surabaya,” Tegasnya.(Ard

Read 114 times