Now playing

Rate this item
(0 votes)
Ratusan warga di Kabupate Ngawi Jawa Timur keracunan makanan saat  salah satu warga menggelar acara syukuran menjadi kepala dusun. Saat ini 43 warga masih menjalani perawatan di sejumlah puskesmas di Ngawi. Ratusan warga di Kabupate Ngawi Jawa Timur keracunan makanan saat salah satu warga menggelar acara syukuran menjadi kepala dusun. Saat ini 43 warga masih menjalani perawatan di sejumlah puskesmas di Ngawi.

Tragis, Ratusan Warga Ngawi Diduga Keracunan Usai Makan Syukuran Kasun

By Published May 16, 2020

BAHANA,NGAWI - Tragis ratusan warga di Desa Gunungsari Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, harus dilarikan ke sejumlah puksemas. Warga ini diduga keracunan makanan saat salah satu warga yang menggelar hajatan sukuran menjadi kepala dusun pada Kamis malam.

“ Syukurannya digelar pada hari kamis malam sekira pukul 20:30 WIB dan kami menerima laporkan Jumat sore,” Ungkap Kapolsek Padas AKP Juwahir Jumat malam (15/05/2020.

Kapolsek Padas AKP Juwahir menambahkan, saat ini warga yang alami keracunan dalam perawatan di sejumlah puskesmas sebanyak 43 orang. Di Puskesmas Kasreman sebanyak 10 orang, Puskesmas Padas 9 orang, Puskesmas Bringin 8 orang, Puskesmas Karangjati 6 orang, Puskesmas Ngawi purba 7 orang, dan Puskesmas pangkur sebanyak 3 orang. Sementara 80 warga lainnya saat ini diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan dan kondisinya mulai membaik. Sebagian besar pasien yang dirawat masih mengalami mual, pusing dan muntah.

“ Pasien yang tidak terlalu parah mayoritas mengalami mual dan pusing. Yang dirawat total 43 orang yang 80 orang sudah boleh pulang,” Tambahnya.


Kroonologis dugaan keracunan makanan ratusan warga Desa Gunungsari berawal dari hajatan sukuran salah satu warga yang menjadi kepala dusun pada Kamis malam. Warga mulai mengalami mual, muntah dan diare pada hari Jumat pagi. Ratusan warga tersebut kemudian dilarikan ke sejumlah puskesmas untuk mendapat perawatan.

“ Atas kejadian tersebut kami dan Puskesmas Kasreman melakukan pertolongan pertama dengan melakukan evakuasi dan pengamanan di desa Gunungsari,” Jelas Juwahir.


Guna pengusutan lebih lanjut sejumlah sisa makanan yang disajikan telah diambil untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi.

“ Guna kelengkapan berkas pemeriksaan petugas sampel sudah kita kirim untuk uji lab di Dinkes Kabupaten Ngawi. Kita masih menunggu hasilnya,” Tegas Juwahir. (ARD)

Read 64 times