Now playing

Rate this item
(0 votes)
giat keduk beji sebelum masa pandemi giat keduk beji sebelum masa pandemi

Upad Keduk Beji Tetap Dilaksanakan, Dengan Prokes Ketat

By Published January 16, 2021

BAHANAFM,NGAWI-Upacara adat Keduk Beji di Sendang Tawun Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, Selasa(15/8/2020), pelaksanaannya berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan penyelenggaraan di tengah pandemic covid 19, upacara adat hanya diikuti oleh warga sekitar dan tidak dibuka oleh umum. Kendati tanpa penonton upacara adat tetap berlangsung dengan khidmad, sesuai prosedur protokol kesehatan.
“ Tetap dilaksanakan sesuai upacara adat keduk beji, hanya saja pembatasan orang yang melihat, karena mengedepankan protokol kesehatan,” Ungkap Peggy Yudho Camat Kasreman Ngawi.
Pelarangan jumlah penonton saja yang diberlakukan, akan tetapi untuk prosesi adat masih dilakukan oleh warga sekitar Desa Tawun. Kebijakan ini telah diinformasikan sebelum hari Hnya serta mendapat persetujuan dari pemerintah kecamatan, pihak koramil dan polsek agar kiranya tidak terjadi penularan covid 19.
“ Keputusan ini sudah diinformasikan sebelumnya, dan diharapkan kepada warga desa Tawun tetap menjaga prokes Covid 19,” Tambah Peggy demikian panggilan akrab Camat Kasreman.

Juru Kunci Tawun yang juga juru Silem Mbah Wo Pomo dengan upacara adat keduk beji ini semoga segala hal musibah atau bencana yang melanda Ngawi atau di bumi Indonesia bisa sirna. Kendati ditengah pandemi covid 19 kegiatan upacara keduk beji ini tetap dilaksanakan, karena pernah dahulu sekali tidak dilakukan oleh warga Desa Tawun ada musibah yang melanda Ngawi.
“ Warga Desa tawun takut, kalau tidak melaksanakan upacara keduk beji akan terjadi musibah,” Tegas Mbah Pomo (ARD) 

Read 11 times