Now playing

Rate this item
(0 votes)

Warga Ngawi Demo Bupati Mencak-Mencak

By Published October 09, 2017

 Ngawi – Kembali proses pembangunan jalan tol Ngawi terus mendapatkan desakan dari warga untuk lebih memperhatikan kesehajeraan yang mendapat imbas dari pembangunan tersebut. Sepertihalnya puluhan warga Dusun Blembem, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi lagi-lagi melakukan aksi di titik STA 77+200. Sekitar 75 orang warga dusun setempat menuntut pembangunan underpass maupun overpass pasca pembangunan tol Solo-Ngawi sebagai akses jalan menuju area persawahan mereka maupun pembangunan saluran irigasi, Jum’at (06/10).

Aksi yang dilakukan tersebut menyusul tindak lanjut dari tuntutan warga sebelumnya kepada PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku rekanan proyek tol yang menjadi bagian Trans Jawa ini. Dinilai tuntutan warga belum terselesaikan hingga kini membuat Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau Kanang langsung turun tangan.

Pada kesempatan yang sama Kanang didampingi Kapolres Ngawi AKBP Nyoman Budiarja, Johanes Marcelly Pimpro PT SNJ wilayah Ngawi terlihat hadir ditengah aksi warga dengan melakukan pengecekan lokasi akses crossing jalan menuju Dusun Blembem.

Meski demikian puluhan warga tetap ngotot keberadaan underpass maupun overpass harus sesuai dengan perencanaan awal sebagaimana gambar yang diperlihatkan dulunya. Selain itu keberadaan underpass segera direalisasikan agar kendaraan truk yang mengangkut hasil panen bisa melintas dari dan menuju area persawahan.

“Kami bersama warga tetap mengharapkan dibangunya akses jalan yang layak menuju area persawahan demikian juga saluran irigasi harus dibangun. Jangan sampai adanya tol ini merugikan warga khususnya para petani,” terang Isrowi salah satu tokoh masyarakat desa setempat.

Mendapat desakan warga PT SNJ menawarkan beberapa opsi maupun tanggapan dari tuntutan sebelumnya. Seperti akses jalan ke makam akan disatukan dengan jalan ke sawah sehingga nyaman digunakan, saluran irigasi secepatnya dibangun agar bisa dimanfaatkan pada musim penghujan. Namun usulan overpass tol pada jalur utama menuju Dusun Blembem tidak disetujui oleh pusat. Sebagai solusinya akan dibuatkan underpass yang aksesnya tidak mengganggu kepentingan warga masyarakat.

Menanggapi desakan warga Kanang Bupati Ngawi menghimbau kepada PT SNJ untuk segera merealisasikan pembangunan akses jalan menuju area makam maupun pekerjaan saluran irigasi harus segera dirampungkan mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Disisi lain Kanang juga memerintahkan warga untuk membuka kembali akses jalan menuju lokasi proyek tol.

“Jangan sampai permasalahan ini terus berlarut-larut harus secepatnya diselesaikan jangan sampai pihak warga ada yang dirugikan demikian juga PT SNJ. Jadi apa yang telah dituntut warga tadi diselesaikan secara baik didasari musyawarah dengan suasana yang nyaman,” pungkas Kanang. 

Bahkan pihaknya berjanji akan terus melakukan pengawalan atas kerugian yang dialami warga Ngawi dalam waktu dekat ini pemkab bakal melakukan koordinas dengan pelaksana dan juga stakeholder terkait pembangunan jalan tol yang memasuki wilayah Ngawi.(ARD)

Read 56215 times