Now playing

Rate this item
(0 votes)

[Waspada] Akibat konsleting Rumah Warga Kendal Ngawi Terbakar

By Published August 15, 2019

NGAWI - Kebakaran terjadi di sebuah rumah di Dsn. Basri Ds. Sidorejo Kec. Kendal Ngawi. Kebakaran tersebut terjadi diduga akibat korsleting listrik.

" Dari hasil penyidikan dan pemeriksaan petugas (dugaan) korsleting listrik menjadi penyebab kebakaran rumah warga Kendal," jelas Kapolsek Kendal Ngawi AKP Suroso, Rabu (7/8/2019).

Kebakaran terjadi pada pukul 07.30 WIB di rumah milik Siman 62th. Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, dan terkunci karena di tinggal pemiliknya tengah meladang.

"Rumah dalam keadaan kosong, tiba-tiba muncul api besar dari dalam rumah," jelas Andik tetangga korban.

Andik mengatakan, sebelum petugas damkar datang, warga bahu-membahu menyiram api secara manual dan alat seadanya. Satu unit damkar diturunkan. Api bisa dipadamkan pada pukul 08.45 WIB.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya materi yang di derita oleh korban sekira 50 juta," tambah Kapolsek Kendal.

Dalam pantuan kami akibat kejadian terbakar tersebut sebagian rumah korban hangus terbakar. Sejumlah peralatan, sepertihalnya, lemari, meja, dan sejumlah pakaian, hangus terbakar. (ard)

Lebih baik mencegah daripada sesal kemudian, berikut tips aman agar terhindar dari kebakaran
1. Gunakan peralatan elektronik sesuai prosedur
Hindari penggunan stok kontak bertumpuk dan dalam jangka waktu lama. Peralatan elektronik yang overheat akan lebih mudah memicu hubungan arus pendek.
2. Hemat energi
Biasakan dengan mematikan peralatan elektronik bila tidak dipergunakan Perhatikan daya listrik
Terkadang kita teledor tidak mengetahui daya listrik sehingga berlebihan. Karena penggunaan listrik yang melebihi kapasitas daya yang ada, dapat berpotensi mengalami kebakaran.
4. Periksa secara rutin regulator tabung gas dan instalasi listrik
Hal ini yang perlu anda waspadai, sering terjadi regulator tabung gas yang terlalu lama pemakaian sehingga jauh dari unsur perawatan cek kembali ganti bila perlu sudah aus. Instalasi listrik yang tidak sesuai dengan SNI seringkali mengakibatkan kebakaran.
5. Jauhkan benda yang mudah terbakar
Jauhkan benda-benda yang mudah terbakar di dekat sumber api. Lebih baik simpan benda-benda ini dengan baik dan aman (Ard)

Read 26 times